Rabu, 23 Januari 2013

Perombakan Kurikulum 2013


Perombakan Kurikulum 2013
Setelah 6 tahun kurikulum KTSP berjalan dari tahun 2006 hingga 2012, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai melalukakan perombakan kurikulum baru pada tahun 2013 ini. Perombakan kurikulum baru terjadi pada jenjang SD, SMP, dan SMA.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim menyatakan bahwa jenjang SD kelas I-III hanya memiliki 6 mata pelajaran saja. Namun, untuk kelas IV-VII SD masih dalam proses penggodokan atau belum final. Berikut 6 mata pelajaran untuk tingkat SD :
1.       Pendidikan Agama
2.       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
3.       Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
4.       Bahasa Indonesia
5.       Matematika
6.       Seni Budaya
Meski demikian, untuk mata pelajaran seperti IPA dan IPS yang dianggap di hapus, sebenarnya diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain.
Sedangkan untuk jenjang SMP masih tahap perombakan atau belum final, akan tetapi 6 mata pelajaran SD berlaku pada jenjang SMP dan ditambah Bahasa Inggris, IPA, dan IPS. Jadi Mata Pelajaran untuk tingkat SMP sebagai berikut :
1.       Pendidikan Agama
2.       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
3.       Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
4.       Bahasa Indonesia
5.       Matematika
6.       Seni Budaya
7.       Bahasa Inggris
8.       IPA
9.       IPS
Sementara itu, untuk tingkat SMA, ilmu pengetahuan akan dipecah. Untuk IPA ada Matematika, Fisika, dan Kimia. Sedangkan IPS ada Sosiologi dan Antropologi. Akan tetapi, hal ini belum final karena masih dalam proses perombakan.
Kurikulum 2013 ini, akan mulai disosialisasikan dan diuji publik sebelum bulan Februari 2013 dan akan diberlakukan pada tahun ajaran baru 2013-2014.
Wamen mengatakan, Kurikulum ini akan menitikberatkan pada mata pelajaran yang :
1.       Membentuk Sikap untuk SD
2.       Mengasah Keterampilan untuk SMP
3.       Membangun Pengetahuan untuk SMA
Apakah perubahan kurikulum ini akan memajukan pendidikan Indonesia?
Allahu a’lam bishshowab….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyusun Best Practices

  LK 3.1 Menyusun Best Practices   Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi...