Selasa, 28 Agustus 2012

Sosialisasi; Proses, Bentuk, Media, dan Tujuan sosialisasi.



A. Pengertian Sosialisasi 
         Sebelum menguraikan lebih dalam tentang sosialisasi, maka terlebih dahulu memahami sosialisasi secara sederhana yakni sosialisasi yang dipandang dari segi kehidupan sehari-hari. Sosialisasi disini sering disamakan dengan artian “bergaul”. Dimana dalam pergaulan tersebut manusia mendapatkan pengalaman, mengetahui nilai dan norma, serta pola-pola kehidupan manusia yang ada dilingkungannya. Sederhananya, sosialisasi diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap indidividu ditengah-tengah masyarakat. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sosialisasi adalah suatu proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya. Ada banyak definisi tentang sosialisasi menurut para ahli, yaitu : 
  1. Charlotte Buhler -> Menurut  Charlotte Buhler, Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaiman cara hidup dan berpikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya. 
  2. Bruce J. Cohen -> Menurut  Bruce J. Cohen , Sosialisai adalah proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat, untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok. 
  3. Makionis-> Menurut  Makionis,  Sosioalisasi sebagai pengamatan sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan. 
  4. Peter Berger-> Menurut  Peter Berger, Sosialisasi adalah suatu proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat. 
  5. Harton dan Hunt-> Menurut  Harton dan Hunt,  Sosialisasi sebagai proses dimana seorang internalisasikan norma-norma kelompok tempat hidup, sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik. 
  6. Gidden-> Menurut  Gidden,  Sosialisasi adalah sebuah proses yang terjadi ketikaseorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melaluitahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yangsadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan danterampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal. 
  7. Ritcher JR-> Menurut  Ritcher JR, Sosialisasi merupakan suatau proses seseorang memperoleh keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat. 

Kalau ditelusuri lebih lanjut, dalam proses sosialisasi terdapat pengaruh individu ke individu lain dan proses tersebut berlangsung sepanjang hidup manusia. Dalam proses sosialisasi juga, individu akan menyerappengetahuan, nilai – nilai, norma-norma, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu, dampak dari sosialisasi adalah berkembangnya kepribadian seseorang menjadi satu pribadi yang unik, begitupula dalam haal kebudayaan masyarakat yang senantiasa terpelihara dan berkembang. 



B. Proses Sosialisasi. 

           Sosialisasi adalah proses yang memungkinkan seseorang belajar tentang sikap-sikap, nilai-nilai, atau tindakan-tindakan yang di anggap tepat oleh suatu masyarakat atau oleh satu kebudayaan tertentu. Dalam artian lain, sosialisasi terjadi melalui interaksi individu dengan individu lainnya. Individu disini belajar sesuatu dari orang-orang yang dekat seperti keluarga, teman, guru, dan orang-orang yang berada dilingkungannya. Ada beberapa proses dalam sosialisasi yaitu: 
  1. Proses Internalisasi, Proses internalisasi adalah proses panjang dan berlangsung seumur hidup yang dialami manusia. Dimana dalam proses ini ia belajar membentuk kepribadian melalui perasaan, nafsu-nafsu, dan emosi yang diperlukan sepanjang hidupnya. 
  2. Proses Sosialisasi, Proses sosialisasi merupakan proses seorang individu mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan perilaku kelompoknya. 
  3. Proses Inkulturasi, Proses inkulturasi adalah proses pembudayaan seseorang individu mempelajari dan menyesuaikan alam pikiran serta sikapnya dengan adat-istiadat, system norma, dan peraturan-peraturan yang hidup dalam kebudayaannya. 
C. Bentuk-Bentuk Sosialisasi 
           Dalam ilmu Sosiologi proses sosialisasi dapat dibedakan menjadi empat bagian diantaranya : 
  1. Sosialisasi Primer, Sosialisasi primer merupakan bentuk sosialisasi pertama yang diterima atau dijalani seorang anak dilingkungan keluarganya, dan berfungsi mengantar mereka memasuki kehidupan sebagai anggota masyarakat. Di lihat dari segi caranya. Sosialiasasi yang berlangsung dalam keluarga dapat di bedakan menjadi : a. Sosialisasi Represif Sosialisasi represif merupakan sosialisasi yang mengutamakan penggunaan hukum komunikasi suatu arah kepatuhan penuh anak–anak kepada orang tua karena peran orang tua dalam proses tersebut sangatlah dominan. b. Sosialisasi Partisipan Sosialisasi partisipan dimaknai sebagai proses yang lebih mengutamakan penggunaan motivasi, komunikasi, penghargaan, dan hak otonomi kepada anak. 
  2. Sosialisasi Sekunder, Sosialisasi sekunder adalah bentuk sosialisasi lanjutan dimana seseorang menjalani sosialisasi dengan orang lain setelah keluarga atau di sektor-sektor kehidupan yang nyata dalam masyarakat. 
  3. Sosialisasi Formal, Sosialisasi formal adalah sosialisasi yang dilakukan melalui proses pendidikan atau disuatu lembaga formal. 
  4. Sosialisasi Non-formal, Sosialisasi non-formal merupakan sosialisasi yang tidak sengaja dilakukan seseorang dan terbuka bagi semua orang. 
D. Tahap-tahap Sosialisasi 
  1. Tahap Persiapan (Preparatory Stage), Tahap ini adalah tahap yang dialami manusia sejak dilahirkan dan sering dikatakan sebagai tahap anak berusia 0-2 tahun. Tahap ini juga seorang anak baru mulai mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya.
  2. Tahap Meniru (Play Stage), Tahap ini seorang anak mulai belajar mengambil peran orang yang berda disekitarnya. Ia mulai menirukan peran yang dilihat, didengar, atau dijalankan oleh orang tuannya lingkungan sekitarnya. 
  3. Tahap Siap Bertindak (Game Stage), Tahap ini anak bukan hanya mengetahui peran yang harus dijalankan, tetapi telah mengetahui peran yang harus dijalankan secara sadar layaknya seorang remaja. Disini seorang telah mampu menempatkan dirinya pada posisi orang lain dan hubungannya semakin kompleks.
  4. Tahap Penerimaan Norma Kolektif (Generalized Stage), Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Tahap ini, mereka memahami peran yang dijalankan secara optimal. Seperti seorang murid yang memahami peran guru dan peran orang lain disekelilingnya. 
E. Media Sosialisasi 
           Media sosialisasi adalah pihak-pihak yang memiliki peran penting dalam memengaruhi, melaksanakan atau melakukan sosialisasi. Ada beberapa agen yang utama dalam proses sosialisasi pada manusia, yaitu: 
  1. Keluarga Media, Media sosialisasi keluarga merupakan media sosialisasi pertama yang diterima seorang anak karena meliputi orang-orang dekatnya seperti : ayah, ibu, saudara kandung, saudara angkat, dan keluarga lain yang tinggal secara bersama-sama dalam suatu rumah. Melalui lingkungan tersebut, anak mengenal dunia sekitarnya dan pola pergaulan sehari-hari. 
  2. Teman Bermain, Media sosialisasi teman bermain dialami seorang anak setelah media sosialisasi keluarga. Dalam media ini, seorang anak belajar berinteraksi dengan orang-orang yang sederajat karena mereka sebaya. Dalam sosialisasi dengan teman sebaya, seorang anak mempelajari peraturan yang mengatur peranan orang-orang yang kedudukannya sederajat. Sosialisasi ini juga, seorang anak mempelajari nilai-nilai sosial dan nilai-nilai keadilan. 
  3. Media Sekolah, Media sosialisasi dalam sekolah merupakan media yang dialami seorang anak dilembaga pendidikan sekolah. Lembaga ini memberikan suatu pengaruh terhadap seorang anak berupa ilmu, keterampilan, kemandirian, prestasi, nilai dan norma kebudayaan bangsa atau negara, dan hal-hal yang belum ia temukan di media sosialisasi keluarga dan teman bermain. 
  4. Media Massa, Media sosialisasi media massa melakukan proses sosialisasi melalui media cetak (surat kabar, majalah, tabloid), media elektronik (televise, radio, video, internet, film). Media massa akan mempengaruhi atau mengajarkan kepada seseorang tentang hal-hal yang belum ia ketahui sebelumnya, baik berupa hal positif maupun negatif. 
F. Tujuan Sosialisasi 
     Di dalam kehidupan bermasyarakat hendaklah kita bersosialisasi. Sosialisasi mempunyai tujuan diantaranya : 
  1. Menumbuhkan disiplin 
  2. Menanamkan aspirasi atau cita-cita 
  3. Mengenalkan lingkungan sekitar atau beradaptasi. 
  4. Mengajarkan peran-peran sosial dan sikap-sikap penunjangnya. 
  5. Mencegah terjadinya perilaku menyimpang dan menjaga hubungan sosial. 
  6. Mengagarkan keterampilan sebagai persiapan dasaruntuk berpartisipasi dalam kehidupan orang dewasa. 
G. Fungsi Sosialisasi 
       Sosialisasi merupakan proses pembelajaran nilai dan norma sosial untuk membentuk prilaku dan kepribadian individu dalam masyarakat. Adapun fungsi sosialisasi sebagai berikut: 
  1. Membentuk pola perilaku individu. 
  2. Menjaga keteraturan hidup dalam masyarakat. 
  3. Menjaga integrasi kelompok dalam masyarakat.

61 komentar:

  1. media sosial sekarang sangat berkembang pesat

    media sosial jejaringan sosial karya anak indonesia ini

    patut dicoba ayobai.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya coba gan...thanks dah berkunjung dan infonya

      Hapus
  2. Ini sumbernya dari buku apa ya ? Trma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku SMA kelas X ...seperti : M, Idianto. Sosiologi untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga. 2004
      Sapto, dkk. Sosiologi untuk kelas X. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama. 2006
      boleh juga cari di Sunarto, Kamanto. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI. 1993
      dan Soekanto, Soerjono> Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. 2005

      Hapus
  3. Balasan
    1. Buku SMA kelas X ...seperti : M, Idianto. Sosiologi untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga. 2004
      Sapto, dkk. Sosiologi untuk kelas X. Jakarta: PT Phibeta Aneka Gama. 2006
      boleh juga cari di Sunarto, Kamanto. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI. 1993
      dan Soekanto, Soerjono> Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press. 2005

      Hapus
  4. terima kasih, artikel ini sangat bagus dan dapat membantu saya menambah serba sedikit pengetahuan.

    BalasHapus
  5. artikelnya sangat bagus...izin share ya...

    BalasHapus
  6. Untuk definisi sosialisasi menurut para ahli sumbernya dari buku apa ya kk?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Saran pak warna nya jgn ada yg kuning, cocok hitam pak

    BalasHapus
  9. Nama : Nindia Laras ayu
    Kelas :x ips 3

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum paak, saya ismi mau nanya, klo misalnya ada yang menyebutkan bahwa sosialisasi itu berfungsi sbg pewarisan nilai-nilai serta norma sosial, itu bisa dikatakn sbg fungsi sosialisasi atau ngga pak?

    BalasHapus
  11. absen pak Mufthira Azra kelas X IPS 3

    BalasHapus
  12. nama : Mustika ismi aulia
    kelas : X IPS 3

    BalasHapus
  13. nama : wulan rhamaya putri
    kelas: X IPS 3

    BalasHapus
  14. Absen pak Dhia Athirah Amelia X IPS 3

    BalasHapus
  15. cara sosialisasi seorang introvert kepada masyarakat umum bgaimna pak? kan soalnya dia sulit bergaul, bagaimna kita menyikapi keadaan tersebut jika kita ketemu orang introvert pak? biar dia nya juga ga risih kita ajak komunikasi. dari : salsabila wulan 10 ips 1

    BalasHapus
  16. Absen pak sasnita Susanti kelas X IPS 3

    BalasHapus
  17. Asyraf X Ips 1
    Alhamdulillah sangat terbantu dengan adanya artikel ini

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum pak absen
    SITI SABRINA
    X IPS 3

    BalasHapus
  19. assalamualaikum pak saya sofia nisa,sekalian mau nanya pak,kan ada pak sebagian orang itu gak mau bersosialisasi,nah pertanyaan nya hal apa saja yang membuat orang itu enggan dalam bersosialisasi pak?

    BalasHapus
  20. absen pak, amrulloh dwi saputro x ips 3

    BalasHapus
  21. assalamualikum pak absen
    NAMA: MAGHFIRAH ALIFIA FITRAH
    KELAS: X IPS 3

    BalasHapus
  22. Salsabila Nandyta Br Bangun
    X IPS 1
    Terima kasih Pak materinya, jadi mudah dipahami....

    BalasHapus
  23. NAMA:syahla raihanah yasmin
    kelas : x ips 3

    BalasHapus
  24. Absen pak
    Nama: Nessa Y
    Kelas: X IPS 3

    BalasHapus
  25. Absen pak, Nurafikah Alamsyah kelas X IPS 1.

    BalasHapus
  26. ABSEN PAK
    NAMA:ALMU HAFIZ
    KELAS:X IPS 3

    BalasHapus
  27. Absen pak, Tri Okta Priyansah (X IPS 3)

    BalasHapus
  28. Absen pak,Alfitrin Binti Hanifah X IPS 3

    BalasHapus
  29. absen pak, holijah nasution x ips 2. materinya bagus

    BalasHapus
  30. Absen pak
    Nama: Rizky Auza Syarifah
    Kelas: X Ips 3

    BalasHapus
  31. Absen pak
    Nama: Nur Rizki Muhammad
    Kelas: X IPS 3

    BalasHapus
  32. Absen pak
    Katdria yunanda
    X ips 3

    BalasHapus
  33. Absen pak Syafira Aini Amalia X IPS 3

    BalasHapus
  34. Pak saya mau nanya ,apakah media massa termasuk kegiatan sosialisasi?mengapa?tolong berikan contohnya.Nindia Laras ayu x ips 3

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum pak, izin absen
    Marsya Najwa
    X ips 3

    BalasHapus
  36. Assamalmualaikum pak
    Marsya Najwa
    X ips 3

    BalasHapus
  37. Abesen pak
    Nama: M Ali wahib
    Kelas:X IPS 3

    BalasHapus
  38. Absen pak
    Tri wiji maharani
    X ips 3

    BalasHapus
  39. Absen pak
    Tri wiji maharani
    X ips 3

    BalasHapus
  40. Absen pak
    Tri wiji maharani
    X ips 3

    BalasHapus

Menyusun Best Practices

  LK 3.1 Menyusun Best Practices   Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi...